Monday 2 November 2015

Konfigurasi Jaringan V-Sat

Dalam jaringan v-sat ada beberapa konfigurasi yang digunakan yaitu  Point to Point, Point to Multi Point, Mesh Konfigurasi dan Star Konfigurasi. Penjelasannya sebagai berikut :


  • V-SAT TDMA
  • Vsat TDMA ( Time Division Multiple Acces) dalah teknologi transmisi digital yang mengalokasikan slot waktu yang unik untuk setiap pengguna pada masing-masing saluran, teknologi TDMA memiliki konfigurasi star dimana ada sebuah HUB Station sebagai pengendali jaringan, keunggulan dari jaringan ini adalah biaya access yang murah dibandingkan teknologi SCPC karena tidak memerlukan antena yang besar pada remote, sedangkan kekurangannya adalah teknologi ini menggunakan sistem bandwidth sharing sehingga dapat mengurangi kehandalan penyampaian informasi. Contoh pengguna teknologi ini adalah perbankan, pemerintah, perusahaan pembiayaan, kantor pos dan lain-lain.
    Gambar 1 : Konfigurasi Jaringan TDMA 


  • Point to Point
  • Point to Point pada jaringan v-sat menggunakan teknologi SCPC ( Single Channel Per Carrier), keunggulan dari teknologi ini adalah kesetabilan akses karena dedicated bandwidth, sedangkan kekurangannya adalah biaya sewa acces yang mahal dan memerlukan antena remote yang besar. biasa digunakan sebagai backbone pada komunikasi antar kantor pusat dan pabrik atau kantor cabang besar, Contoh penggunaan konfigurasi ini adalah backbone pada jaringan selular, perusahaan minyak, pertambangan dan lain lain.

Gambar 2 : Konfigurasi Jaringan Point to Point
  • Point to Multipoint
  • Point to multi point  menggunakan teknologi TDM/TDMA ataupun SCPC dan biasanya memiliki konfigurasi berbentuk mesh dan star. Teknologi ini memungkinkan komunikasi antara satu titik dengan titik lainnya. Contoh pengguna teknologi ini adalah perbankan, pemerintah, perusahaan pembiayaan, kantor pos dan lain-lain.
Gambar 3 : Konfigurasi Jaringan Point to Multipoint

  • SCPC Plus atau Bandwidth Sharing
  • Teknologi ini adalah pengembangan dari teknologi point to multipoint dan TDMA dimana jaringan SCPC dipakai sebagai bandwidth sharing, keunggulannya adalah dapat memaksimalkan penggunaan bandwidth. Contoh pengguna teknologi ini adalah perusahaan minyak, kelapa sawit, dll

     Gambar 4 : Konfigurasi Jaringan SCPC Plus

0 comments

Post a Comment